PT. Gaya Makmur Mobil (FAW Trucks Indonesia)

Your Trusted Business Partner

Berkendara saat musim hujan harus ekstra hati-hati. Selain kondisi jalanan menjadi lebih licin, adanya ancaman lain seperti jalan berlubang juga bisa mengganggu dan membahayakan pengendara. Belum lagi situasi lalu lintas yang padat dan pandangan yang terhalang menjadi tantangan tersendiri yang harus diantisipasi. Jika pengendara abai, hal ini bisa menjadi pemicu kecelakaan bagi diri sendiri dan pengguna jalan yang berada di sekitar.

Untuk itu, sangatlah penting untuk tahu cara berkendara yang aman dan menyesuaikan dengan kondisi hujan, khususnya bagi para pengemudi angkutan besar seperti truk. Mengendarai kendaraan kecil saja diperlukan ketelitian dan kehati-hatian, apalagi untuk para pengemudi truk. 

Tips Berkendara Saat Hujan Untuk Pengemudi Truk

PT Gaya Makmur Mobil sole distributor of FAW Truck Indonesia

1. Periksa kondisi kendaraan, pastikan sudah siap untuk menghadapi kondisi hujan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraan itu sendiri. Perhatikanlah kondisi dari hal-hal berikut:

  • Periksa Ban

    Pastikan ban mobil dalam keadaan normal termasuk tekanan udaranya. Ini penting untuk menghindari mobil tidak stabil saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir. Acuan tekanan biasanya terdapat di pilar pintu pengemudi. Jika ban sudah tipis, sebaiknya segera diganti. Sebab, jika tidak dapat mengakibatkan grip berkurang dan pembuangan air jadi minim. Kondisi tersebut akan menyebabkan terjadinya aquaplannig (ban tak menapak saat melalui jalan basah).

  • Periksa Kondisi Semua Lampu

    Lampu mobil saat hujan jadi media untuk mendeteksi obyek yang ada di depan kita, sekaligus memperjelas pandangan pengendara. Cara aman berkendara mobil saat hujan adalah memastikan kondisi semua lampu mobil berfungsi dengan baik. Lampu yang perlu dicek adalah lampu besar (head lamp) jarak dekat dan jauh, lampu sign (tanda) dan lampu darurat. Semua lampu itu punya fungsi masing-masing saat hujan.

  • Periksa Kontrol Utama

    Kontrol utama mesin terdiri atas kemudi, pedal gas, pedal rem dan kopling. Pastikan semuanya bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Cek dan cari tahu semuanya satu per satu demi keamanan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat jika hujan, bagian-bagian tersebut perlu mendapat perhatian dan perawatan ekstra.

See also  Keunggulan FAW Trucks Permudah Transportasi Sawit

2.  Jaga jarak Aman 

Pastikan ban mobil dalam keadaan normal termasuk tekanan udaranya. Ini penting untuk menghindari mobil tidak stabil saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir. Acuan tekanan biasanya terdapat di pilar pintu pengemudi. Jika ban sudah tipis, sebaiknya segera diganti. Sebab, jika tidak dapat mengakibatkan grip berkurang dan pembuangan air jadi minim. Kondisi tersebut akan menyebabkan terjadinya aquaplannig (ban tak menapak saat melalui jalan basah).

3. Selalu Simpan Perlengkapan Darurat

Kita tidak pernah tahu seperti apa kondisi di jalan dan kemungkinan-kemungkinan apa yang akan terjadi. Untuk itu, pastikan kamu mempersiapkan diri untuk berbagai kondisi cuaca yang akan dihadapi sebelum memulai perjalanan. Juga, pastikan kamu memiliki persediaan darurat yang dikemas jika sewaktu-waktu mungkin terdampar.

4. Singkirkan Gangguan Yang Bisa Mengganggu Berkendara

Sebelum lepas landas, ada baiknya untuk menyingkirkan semua hal yang bisa mengganggu fokus berkendara. Seperti misal matikan ponsel atau atur ke mode “jangan ganggu”. Siapkan sistem navigasi dan jauhkan ponsel dari jangkauan, sehingga kamu tidak tergoda untuk memeriksanya. 

Jauhkan juga makanan ringan dan minuman dalam jangkauan yang mudah dan bersiaplah untuk memberikan perhatian penuh kepada jalan. Jika ingin mendengarkan radio, nyalakan dengan volume yang rendah, agar kamu bisa tetap mendengar apa yang terjadi di sekitar. 

5.  Tetap Waspada Setiap Saat

Kondisi jalanan saat hujan tentu membutuhkan perhatian ekstra. Jangan sampai kehilangan pandangan ke jalan tidak peduli seberapa buruk jarak pandang. Jika kamu tidak dapat melihat jalan sama sekali karena kabut, lebih baik hentikan truk dan tunggu hingga kabut hilang. Jika kamu memalingkan muka, justru bisa memunculkan potensi bahaya seperti mungkin tergelincir, menabrak, berbelok atau terbalik.

See also  PT. Gaya Makmur Mobil Jual Truk Molen Bekas & Baru Merek FAW

Jangan meraih benda di kursi penumpang, kursi belakang, papan dasbor saat kamu mengemudi di tengah hujan. Jangan berbicara di telepon karena itu mengurangi waktu reaksi kamu terhadap truk. Terakhir, jangan minum atau makan saat mengemudi di tengah hujan karena kamu mungkin harus melepaskan tangan dari kemudi.

PT Gaya Makmur Mobil sole distributor of FAW Trucks Indonesia

Beberapa tips berkendara saat hujan tadi bisa kamu terapkan, selain untuk kemudahan sendiri, tips tersebut juga bisa membantu kamu untuk menghindari adanya bahaya dan kecelakaan di jalan raya. Lebih baik utamakan kebaikan berbagai pihak. Jangan sampai niat untuk membawa muatan sampai tujuan dengan selamat malah berakhir dengan hal-hal yang tidak diinginkan. 

Ingin Berkontribusi Dengan Kami?